BAB 6 TRANSLASI MATA UANG ASING

Nama   : Sulia Utami

NPM    : 26210732

Kelas   : 4 EB 17

 

ALASAN MELAKUKAN TRANSLASI

Translasi mata uang asing dilakukan untuk menyusun laporan keuangan konsolidasi kepada para pembaca laporan untuk mendapatkan pemahaman atas operasi perusahaan, baik domestik maupun luar negeri dimana laporan keuangan perusahaan luar negeri dalam mata uang asing disajikan ulang dengan mata uang pelaporan induk perusahaan.

Alasan tambahan untuk translasi mata uang asing adalah :

  • Mencatat transaksi mata uang asing
  • Mengukur resiko suatu perusahaan terhadap pengaruh perubahan mata uang asing
  • Berkomunikasi dengan para pihak berkepentingan dari luar negeri

PEMAHAMAN TRANSLASI

Proses penyajian ulang informasi keuangan dari satu mata uang ke mata uang lainnya disebut sebagai translasi. Translasi tidak sama dengan konversi, yang adalah pertukaran dari satu mata uang ke mata uang lain secara fisik. Translasi hanyalah perubahan satuan unit moneter, tidak ada pertukaran fisik yang terjadi dan tidak ada transaksi terkait yang terjadi seperti bila dilakukan konversi. Seperti, pada sebuah neraca yang dinyatakan dalam pound Inggris disajikan ulang ke dalam nilai ekuivalen dollar AS. Saldo-saldo dalam mata uang asing ditranslasikan menjadi nilai ekuivalen mata uang domestik berdasarkan kurs nilai tukar valuta asing yaitu harga satu unit suatu mata uang yang dinyatakan dalam mata uang lainnya.

LATAR BELAKANG DAN TERMINOLOGI

Transaksi mata uang asing terjadi pada pasar spot, forward dan swap.

1.  Transaksi pada pasar Spot

Mata uang yang dibeli dan dijual pada spot umumnya harus dikirim dalam waktu 2 hari kerja. Kurs pasar spot dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk perbedaan tingkat inflasi antar Negara, perbedaan suku bunga nasional dan ekspektasi terhadap arah nilai tukar di masa mendatang. Kurs nilai tukar pasar spot dapat dinyatakan dalam dua cara, yaitu kuotasi langsung atau kuotasi tidak langsung. Kurs spot langsung menunjukkan jumlah unit mata uang domestik yang diperlukan untuk memperoleh satu unit mata uang asing. Sebagai contoh, harga dollar AS atas satu rupee India adalah $ 0,0218. Sebaliknya, kurs spot tidak langsung adalah kebalikan dari langsung, yaitu harga satu unit mata uang domestik dalam mata uang asing. Misalnya, untuk mendapatkan 1 dollar AS diperlukan kira-kira 43,98 rupee. Translasi saldo-saldo dalam mata uang asing dilakukan sederhana, baik secara langsung maupun tidak langsung.

–   Langsung

Nilai ekuivalen domestik diperoleh dengan mengalikan saldo dalam mata uang asing dengan kuotasi kurs langsung.

Contoh : saldo kas anak perusahaan AS di India pada tanggal 31 Januari adalah sebesar Rpe 1.000.000. kurs nilai tukar langsung pada tanggal itu adalah $ 0,0218. Maka apabila ditranslasi menjadi : Rpe 1.000.000 x $ 0,0218 = $ 21.800

–   Tidak langsung

Nilai ekuivalen mata uang domestik diperoleh dengan membagi saldo mata uang asing dengan kuotasi tidak langsung. Berdasarkan contoh sebelumnya, maka apabila ditranslasi menjadi : Rpe 1.000.000 / Rpe 43,98 = $ 21.80

2.  Transaksi pada pasar Forward

Transaksi pada pasar forward adalah perjanjian untuk melakukan pertukaran suatu mata uang dengan juml;ah tertentu ke dalam mata uang lain pada suatu tanggal di masa depan. Kuotasi pada pasar forward dinyatakan dengan diskonto atau premium dari kurs spot. Contoh : jika kurs spot franc Swiss ditawarkan sebesar $ 0,7573, sedangkan kurs forward 6 bulan franc ditawarkan sebesar $ 0,7589, maka kurs forward 6 bulan franc tersebut dijual dengan premium sebesar 0,42 persen di Amerika Serikat yang dihitung sebagai berikut :

–   Secara langsung

Gambar

–   Secara tidak langsung

Gambar

Gambar

3.  Transaksi pada pasar Swap

Transaksi swap melibatkan pembelian spot dan penjualan forward atau penjualan spot atau pembelian forward atas suatu mata uang secara bersamaan. Investor sering memanfaatkan transaksi swap untuk mengambil keuntungan dari tingkat suku bunga yang lebih tinggi di suatu Negara asing, sembari dalam kesempatan yang sama melindungi diri terhadap pergerakan yang tidak menguntungkan dari kurs nilai tukar valuta asing. Misalnya, kurs spot langsung $ 1 =  ¥ 109,43 sedang kurs 6 bulan forward $ 1 =  ¥ 109,20. Perbedaannya adalah ¥ 109,43      ¥ 109,20  =  ¥ 0,23 sebagai keuntungan setiap penjualan $ 1.

Sumber :

Choi, Frederick D.S., dan Gary K. Meek, International Accounting, Edisi 5, Jakarta: Salemba Empat, 2005.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s