TUGAS I

NAMA            : SULIA UTAMI

NPM               : 26210732

KELAS           : 2 EB 17

 

TUGAS I

PENGERTIAN KOPERASI

Kata koperasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu Co dan Operation. Co berarti bersama-sama, sedangkan Operation berarti usaha untuk mencapai tujuan. Jadi, koperasi dapat diartikan sebagai usaha bersama untuk mencapai tujuan.

Berikut ini adalah beberapa pengertian dari koperasi, yaitu :

a. Menurut UU No.25 tahun 1992 tentang Perkoperasian

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan.

b. Menurut UU No.12 tahun 1967 tentang Pokok-pokok Perkoperasian di dalam pasal 3

Koperasi adalah organisasi ekonomi rakyat yang bersifat sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum koperasi yang merupakan tata susunan ekonomi rakyat sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan.

c. Menurut Drs. Muhammad Hatta

Koperasi adalah usaha bersama untuk memperbaiki nasib penghidupan ekonomi berdasarkan prinsip tolong-menolong. Mereka didorong oleh keinginan memberi jasa pada kawan “seorang buat semua dan semua buat seorang”.

d. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Koperasi adalah perserikatan yang bertujuan memenuhi keperluan kebendaan para anggotanya dengan cara menjual barang-barang kebutuhan dengan murah.

e. Menurut R.M Margono Djojohadikoesoemo

Koperasi adalah perkumpulan orang-orang atau badan hukum yang secara sukarela bekerja sama untuk memajukan ekonominya.

f. Menurut Sugimun

Koperasi adalah suatu perkumpulan yang memungkinkan beberapa orang atau badan hukum dengan jalan bekerja sama atas dasar sukarela menyelenggarakan suatu pekerjaan untuk memperbaiki kehidupan anggotanya.

g. Menurut ILO (International Labor Organization) tahun 1966

Cooperation is an association of person, usually of limited means, who have voluntarily joined together to achieve a common economic and through the formation of a democratically controlled business organization, making equitable contribution of the capital required and accepting a fair share of the risk and benefits of the undertaking.

Dari pengertian diatas maka didapatkan unsur-unsur koperasi, yaitu sebagai berikut :

  1. Kumpulan orang-orang
  2. Bersifat sukarela
  3. Mempunyai tujuan ekonomi yang sama
  4. Organisasi yang dikendalikan secara demokratis
  5. Kontribusi modal yang adil
  6. Menanggung kerugian bersama dan menerima keuntungan secara adil

h. Menurut ICA ( International Cooperation Allience )

Koperasi adalah kumpulan orang-orang atau badan hukum yang bertujuan untuk memperbaiki sosial ekonomi anggotanya dengan memenuhi kebutuhan anggotanya dengan cara membatasi keuntungan usaha tersebut harus didasarkan atas prinsip-prinsip koperasi.

i. Menurut UU Koperasi India

Koperasi adalah masyarakat atau kumpulan orang-orang yang bertujuan meningkatkan pendapatan atau mengusahakan kebutuhan ekonomi para anggotanya sesuai dengan prinsip-prinsip koperasi.

j. Menurut Dr. C.R Fay

Koperasi adalah suatu perserikatan dengan tujuan berusaha bersama yang terdiri atas mereka yang lemah dan diusahakan selalu dengan semangat tidak memikirkan diri sendiri sehingga masing-masing sanggup menjalankan kewajibannya sebagai anggota dan mendapat imbalan sebanding dengan pemanfaatan mereka terhadap organisasi.

k. Menurut Margaret Digby

Kerja sama dan siap untuk menolong adalah suatu usaha swasta tetapi ada perbedaan dengan badan usaha swasta lain dalam hal cara untuk mencapai tujuannya dan penggunaan alatnya.

l. Prof. Marvin, A. Schaars

Koperasi adalah suatu badan usaha yang secara sukarela dimiliki dan dikendalikan oleh anggota yang juga merupakan pelanggannya dan dioperasikan oleh mereka, untuk mereka atas dasar nirlaba atau dasar biaya.

m. Dr. G Mladenata

Koperasi adalah terdiri atas produsen-produsen kecil yang tergabung secara sukarela untuk mencapai tujuan bersama dengan saling tukar jasa secara kolektif dan menanggung resiko bersama dengan mengerjakan sumber-sumber yang disumbangkan oleh anggotanya.

n. Menurut Drs. Arifinal Chaniago

Koperasi adalah suatu perkumpulan yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum yang memberikan kebebasan masuk dan keluar sebagai anggota dengan bekerja sama secara kekeluargaan menjalankan usaha untuk mempertinggi kesejahteraan jasmaniah para anggotanya.

o. Menurut Calvert

Koperasi adalah organisasi orang-orang yang hasratnya dilakukan secara sukarela sebagai manusia atas dasar kesatuan untuk mencapai tujuan masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s